Cara Mencari Masalah untuk Skripsi

Skripsi

Apa kabar sobat SFD? Semoga semua sehat dan semangat ya,, saya mohon maaf baru bisa Update Post lagi karena saya sibuk di pekerjaan,, dan saya juga mohon maaf karena pada postingan yang terdahulu tidak sempat menanggapi komentar atau permintaan dari temen-temen, semoga ke depan saya dapat meluangkan waktu untuk saling berbagi di blog ini.

Pada postingan yang terdahulu saya telah menulis post tentang Cara Membuat Judul Skripsi dan Cara Membuat Proposal Skripsi, namun mungkin ada temen-temen yang belum paham bagaimana cara mencari Masalah untuk dijadikan pijakan dalam membuat Skripsi. Untuk itu, pada postingan kali ini saya akan menulis tentang Bagaimana Cara Mencari Masalah untuk Bahan Skripsi.

Dalam membuat skripsi tentunya hal yang paling utama adalah menemukan masalah yang akan diteliti. Masalah tersebut nantinya akan diselesaikan dengan metode tertentu dan teori tertentu. Pada hakikatnya skripsi adalah menerapkan teori tertentu yang sudah ada sebelumnya sehingga masalah yang ada dapat diselesaikan secara ilmiah

Lalu bagaimana cara mencari masalah??

Cara mencari masalah ada dua cara, yaitu :

1.     Menemukan masalah secara langsung

Maksud dari menemukan masalah secara langsung adalah menemukan sebuah masalah atau persoalan yang dihadapi secara kasat mata maupun yang kita rasakan sehari-hari. Atau adanya sebuah fenomena yang tidak seharusnya yang muncul di lingkungan masyarakat.

Contohnya:

Ketika kita melintas sebuah jalan, tiba-tiba kita melihat banyak anak-anak kecil yang meminta-minta.

Hal tersebut tentunya menjadi sebuah persoalan yang bisa dilihat dari banyak sudut. Baik sudut pendidikan, sosial, ekonomi, hukum atau sudut apapun sesuai jurusannya masing-masing. Artinya setelah ada masalah baru mencari teori yang sesuai untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jika digambarkan, bagannya akan seperti ini :

Menemukan Masalah >> Mencari Teori yang sesuai

2.     Menemukan masalah secara tidak langsung

Maksud dari menemukan masalah secara tidak langsung adalah menemukan masalah berangkat atau berawal dari sebuah teori yang sudah ada.

Contohnya:

Untuk jurusan bahasa dan sastra diajarkan ilmu semantik yaitu ilmu yang membahas tentang makna. Dari ilmu semantik tersebut sub judulnya membahas tentang teori perubahan makna. Dari teori tersebut kita buat misalnya masalah tentang perubahan makna kata “Solat” sebelum adanya islam dan makna kata “solat” setelah adanya islam.

Hal tersebut bisa diartikan, setelah kita memegang sebuah teori yang telah kita dapat dari buku referensi mata kuliah, selanjutnya kita baru membuat masalah.

Jika digambarkan, bagannya akan seperti ini :

Menentukan teori >> Membuat masalah

Oke bagaimana temen-temen, apakah sudah ada gambaran bagaimana cara mencari masalah untuk bahan skripsi?? Jika belum ada gambaran jangan menyerah karena nanti saya akan menulis lagi artikel selanjutnya dan semoga bisa bermanfaat buat temen-temen semua. jika masih bingung silahkan comment dan menuliskan judul buku yang diajarkan di tempat kuliah temen-temen, insyaallah jika saya bisa, saya akan bantu menjelaskan berdasarkan buku yang temen-temen pelajari. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Posted on 30/04/2013, in KARYA ILMIAH and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Bantu aku mencari judul tentang perpajakan..saya lagi binung

  2. Ni'matun Khasanah

    Cukup membantu artikel diatas. Tapi saya masih kesulitan dalam menentukan judul nie..Bagaimana ya?

  3. saya masih bingun menentukan judulnya,?????

  4. Wah Post Ini Membantu Sekali.. Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya Arigatou!! ^_^
    http://aikawafaith.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

