Cara Membuat Judul Skripsi

Hallo sobat SFD,, post kali ini SFD akan membagikan pengalaman tentang bagaimana cara membuat judul skripsi dengan mudah dan agar memunculkan banyak ide untuk membuat judul skripsi. Post ini memang ditujukan buat temen-temen mahasiswa yang udah kesana-kesini nyari judul skripsi, tapi bingung gak dapet-dapet, ato udah bolak-balik ke perpustakaan tapi gak satupun ide yang muncul buat dijadiin skripsi.

Sebetulnya banyak sekali bahan yang dapat kita tulis agar menjadi sebuah karya ilmiah yang bermutu, hanya saja kita perlu sedikit trik agar kita dapat menemukan bahkan membuat judul skripsi atau karya ilmiah, bukan cuman satu tapi kita dapat membuat puluhan bahkan ratusan judul yang bisa kita angkat. Jadi sebenernya mudah bukan untuk membuat judul skripsi?

Oke, di post ini saya akan membagikan trik secara umum, tidak terpatok hanya pada satu jurusan saja. Jadi apapun jurusannya artikel ini tetep cocok kok. hehe

Langsung aja, langkah yang pertama kali harus temen-temen lakukan sebelum membuat judul adalah mencari masalah yang akan diangkat menjadi objek penelitian. Ya, pasti temen-temen juga sudah sering denger dari dosen temen-temen atau di buku panduan skripsi. Tapi memang begitulah kenyataannya, dari satu masalah kita bisa membuat puluhan judul skripsi.

Tapi bagaimana cara mencari masalah, kan mencari masalah sangat sulit?

Oke, untuk mencari masalah kita memerlukan buku-buku yang diajarkan di kampus temen-temen, tentunya yang sesuai dengan jurusannya dong. Nah dari buku-buku itu, tentukan mana matakuliah yang paling temen-temen sukai.  Habis itu temen-temen focus aja pada buku-buku yg sesuai dengan matakuliah yang temen-temen sukai itu.

Trus setelah itu bagaimana?

Oke sabar dulu, abis baca artikel ini sampai tuntas temen-temen pasti gampang kok bikin judul kerena sebenernya mencar dan membuat judul skripsi itu sangat mudah. Hehe

Mari kita lanjutkan, berikutnya temen-temen pegang satu buku yang memuat teori-teori yang diajarkan di kampus temen-temen. Misalnya untuk jurusan bahasa ada matakuliah ILMU SEMANTIK, dalam ilmu semantic ada satu topik mengenai PERUBAHAN MAKNA. Dari topik tersebut kita sudah bisa memunculkan puluhan bahkan ratusan judul yang dapat temen-temen angkat menjadi sebuah karya ilmiah atau skripsi.

Dari topik perubahan makna diatas dapat kita ambil contoh judul misalnya;

  1. “Perubahan Makna Kata Kursi dari Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia”
  2. “Perubahan Kata Penjajak Seks Komersial Dari tahun 70-an Sampai tahun 2012”
  3. “Perubahan Makna kata ….. menjadi kata …”, dsb.

Contoh diatas hanya sedikit aja yang dapat temen-temen kembangkan menjadi lebih banyak lagi. Begitulah cara mudah untuk membuat judul skripsi. Mudah bukan?? hehe

Apabila dirasa informasi yang saya berikan masih kurang silahkan tanyakan di form komentar ya,, semoga artikel ini dapat membantu.

Buat temen-temen yang pengen request apapun baik mengenai perkuliahan, karya ilmiah, buku-buku, tips dan trik, software, maupun tekhnik desain grafis, silahkan request di form request ya,, gratis kok hehehe,, kan ada pepatah “Orang yang berhasil adalah orang yang bermanfaat buat orang lain” yak an??

Thanks udah mengunjungi SFD,,

Artikel Terkait : cara membuat proposal skripsi

Posted on 08/04/2012, in KARYA ILMIAH and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 47 Komentar.

  1. Maksih pak/mas yang sudah mau berbagi ilmu dan trik atau cara membuat proposal skiripsi ini.smoga ilmu yang anda berikan bermanfaat bagi smua khususnya bpk/masnya….

    Mau meminta saran kpd bpk/mas mengenai judul proposal skripsi saya tentang “ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PERILAKU KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA” menurut bpk/mas bgaimana dengan judul saya ini apakah sudah sesui apa belum….
    terimakasih….

  2. kak saya boleh request judul gak? jurusan saya analisa efek , mata kuliah yang saya suka analisa ekuitas

  3. MULDAN HADIWIDANA

    mbak gmna sic cara – cara bikin proposal skripsi tuh,… dan saya mau tanya kalau semisalkaan tiap smester ngmbil 20 sks itu bisa ga 4 tahun ngahabiskan sks,.!

  4. tolong donk fokusin bwt anak menejemen

  5. mdh2an dgn mmbca artikel ini aku bisa mntukan judul untuk skriosi ku

  6. makasih, infonya sangat menarik sekali, berkat postingan ini saya jadi terinspirasi dalam mencari judul skripsi.

  7. gimana cara menyusun kerangka teoritis bab?

  8. thanks banget untuk ilmu yg dibagi,, kira2 judul skripsi yg bertema pendidikan bagusnya angkat judul apa yah?? khususnya pddkn agama,,,eheheheheh

  9. Gan, ane bingung untuk cari judul skripsi statistik.
    Ada saran gax?

  10. Fiant Syaripudin

    Terima kasih atas informasinya..
    Tapi saya masih bingung bagaimana cara menentukan judul skripsi saya.
    Saya di jurusan pendidikan matematika S-1

  11. thanks informasinya, Insha Allah ini bisa menjadi informasi sedikit tentang membuat judul skipsi… Thanks so much.

  12. hemmmmm, makasih infonya. masih bingung dengan cara mencari masalah?

  13. bantu aku judul untuk matakulia keperawatan.. aku suka pelajaran keperawatan komunitas.

    tapi susa bangat dapat judulnya

  14. bagaimana cara membuat judul skripsi mandarin?

  15. huy say aq jurusan akuntansi. bingung bgt nyari judul skripsi,, judul aq yang kemaren uda ditolak. huff!!
    aq dapeet saran dr senior,, katanya aq harus tanya dulu ke perusahaan yang aq tuju permasalahannya disana apa? (apa bener harus bgitu?)

  16. kalau tips untuk bidang ekonomi khususnya manajemen keuangan gmn???

  17. terimaksih atas infonya sehingga saya sekarang sudah gak bingun lagi

  18. Saya mengucapkan terima kasih krn setelah bcam ini sya jd agak paham cmn disin saya masih agak bingung krn saya pengambilan jurusa pendidikan ekonomi, tentu apa yang sekiranya pas judul dalam penelitian

    • Sebetulnya banyak sekali judul yang bisa mas buat, klo bisa lebih spesifik lagi ke matakuliah yang sudah mas pelajari apa dan buku referensinya apa, jadi dasar pembuatan judul lebih mudah. Good Luck!

  19. Kak. Sy masih bingung dgn cara mnentukan judul skripsi trutama dgn jurusan sy akuntansi perpajakan. Sy masih sulit untuk mncari masalah apa yg akan dijadikan topik.
    mhon bantuannya yaa :)

  20. kira2 judul ap yang co2k bwt jursan bahasa .

  21. saya mau mintak saran kalau mau buat judul skipsi bertemakan pendidikan (bahasa indonesia)

  22. TOLONG KIRIM JUDUL SKRIPSI PAI TINGKAT SD/MI

  23. BAGAIMANA CARA BUAT PROPOSAL JUDUL SKRIPSI YANG MUDAH DITERIMA OLEH PEMBIMBING

    • Yang paling penting adalah terukur mas.
      Misalnya:
      Objek yang mau diteliti sudah ada, tempat penelitiannya sudah ada, teori yang akan digunakan sudah cocok, siapa yang akan diwawancara sudah ada, rumusan masalah sudah fokus, dll.

  24. kk…..bisa bantuin cariin judul skripsi gak? saya jurusan bahasa arab

    • Banyak sekali yang bisa dijadikan judul skripsi dalam bahasa arab mbak, klo boleh tau salah satu matakuliah yg dipelajari apa ya mbak? insyaallah nanti saya bantu, good luck!

  25. saya mau tanya pak, saya masih bingung dalam menentukan judul skripsi PENGARUH atau HUBUNGAN mana??? dan perbedaannya dimana??

    • Antara pengaruh dan Hubungan, dua2nya dapat digunakan tergantung objek yang akan diteliti. Untuk perbedaannya;
      “Pengaruh” => ada yang diintervensi
      “Hubungan” => Sejajar

      Contoh :
      “Pengaruh lingkungan terhadap pola pikir”
      “Hubungan antara manusia dan lingkungan”

      Menurut saya seperti itu, jika ada yang kesalahan mohon dikoreksi, thanks n Good luck!

      Jika ada

  26. Helda Handayani

    aku ambil prodi Tadris Bahasa Inggris, yang ada dipikiranku sekarang tentang masalah dalam bahasa inggris adalah “kurangnya minat belajar bahasa inggris disebabkan mindset seseorang yang mengatakan bahwa bahasa inggris itu sulit”….
    kira-kira itu bisa dijadikan sebagai judul skripsi gak yaaaah? kalo salah mohon dibenerin yah friend. heheheee…
    oy, sebenarnya waktu yang paling bagus untuk mengurus skripsi itu semester berapa sh?
    syukrooon…

    • tentu itu bisa dijadikan judul untuk skripsi dan bisa diuji. Dalam pandangan saya dari masalah tersebut akan muncul suatu hipotesis tentang pengaruh mindset terhadap minat belajar, khususnya pelajaran bahasa inggris.
      klo menurut saya pribadi mengerjakan skripsi bisa dimulai ketika ada matakuliah mengenai tehnik mengerjakan skripsi. Ma’assyukri n Good Luck!

  1. Ping-balik: Cara Membuat Proposal Skripsi yang Simple « Rantauan Anak Gorowong Merantau

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

